$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Bantuan Benih Terlambat, Petani Bolo Mengeluh

Hampir semua petani di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengeluhkan keterlambatan bantuan benih padi dan jagung dari Pemerintah Daerah dan Pusat pada tahun ini.

Hampir semua petani di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengeluhkan keterlambatan bantuan benih padi dan jagung dari Pemerintah Daerah dan Pusat pada tahun ini. Padahal, memasuki musim tanam sekitar Bulan November dan Desember seperti ini para petani sudah mendapatkan bantuan benih. 

Salah seorang Petani di Bolo, Akadir mengatakan, keterlambatan bantuan benih hingga saat ini belum direspon pemerintah meski musim tanam sudah masuk. Anehnya, keterlambatan kerap terjadi setiap tahun dan tidak pernah menjadi catatan perbaikan agar tidak terulang lagi. Namun, tahun ini keterlambatan justru semakin parah karena memasuki pertengahan Bulan Desember belum juga ada bantuan diserahkan.

“Harusnya masalah keterlambatan ini tidak terjadi lagi kalau pemerintah di kecamatan, kabupaten, propinsi dan pusat melalui bidang pertanian memberikan perhatian serius. Tetapi faktanya itu tidak dilakukan karena kembali terulang lagi,” keluhnya kepada wartawan, Sabtu kemarin.

Diakuinya, bantuan benih baru diserahkan biasanya ketika musim tanam sudah lewat. Sehingga bantuan yang diserahkan kerap disalah manfaatkan segilintir orang untuk mendapatkan keuntungan. Selain itu tidak tepat sasaran karena diserahkan kepada masyarakat yang bukan petani. “Mau diserahkan kepada petani sementara musim tanam sudah lewat, kan sama saja bohong,” kesalnya.

Karenanya, bersama petani lain di Kecamatan Bolo berharap kepada pemerintah bisa segera menyalurkan bantuan benih tepat disaat musim tanam seperti ini. “Jangan menyalurkan benih bukan pada waktunya, sehingga benih tersebut tidak berguna untuk masyaraat petani,” kata Akadir.

Menanggapi keluhan para petani, Kepala UPT Dinas Pertanian Bolo, Ir. Abdullah mengaku hanya bisa menjalankan tugas sesuai tugas dan fungsi. Mengenai keterlambatan bantuan benih padi dan jagung yang dikeluhkan petani pihaknya sudah melaporkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Bima, Propinsi maupun Pusat sejak awal.

“Tapi apalah daya kami yang ada di kecamatan kalau tidak dibantu oleh pemerintah yang ada di kabupaten,” ujarnya ditemui di ruangan kerjanya, sabtu 13/12 kemarin.

Dia berharap kepada petani, khususnya di Kecamatan bolo agar bersabar selama beberapa hari kedepan. Dia memastikan, pemerintah akan tetap memberikan bantuan benih kepada petani. (KS-11)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1634,Hukum Kriminal,2145,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,135,Pemerintahan,1562,Pendidikan,832,Politik,1278,Sosial Ekonomi,2608,
ltr
item
Koran Stabilitas: Bantuan Benih Terlambat, Petani Bolo Mengeluh
Bantuan Benih Terlambat, Petani Bolo Mengeluh
Hampir semua petani di Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengeluhkan keterlambatan bantuan benih padi dan jagung dari Pemerintah Daerah dan Pusat pada tahun ini.
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/bantuan-benih-terlambat-petani-bolo.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/bantuan-benih-terlambat-petani-bolo.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy