$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Kepala Desa Bugis Dilapor ke Polisi

Praktek kasus dugaan korupsi dari tingkat Pusat hingga tingkat Pedesaan, marak terjadi. Diduga selama dua tahun gelapkan Beras Raskin, Kepala Desa Bugis Kecamatan Sape

Diduga Gelapkan Raskin

Praktek kasus dugaan korupsi dari tingkat Pusat hingga tingkat Pedesaan, marak terjadi. Diduga selama dua tahun gelapkan Beras Raskin, Kepala Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima, Amirullah Samsu, dilaporkan ke Polres Bima Kota oleh Ketua BPD Desa setempat.

Ketua BPD Desa Bugis, Hamdan Kasiran yang ditemui wartawan di Sat Reskrim Sabtu (6/12) pagi mengungkapkan, ia melaporkan kasus tersebut karena menilai Kades telah melanggar ketentuan Undang-Undang serta telah merugikan masyarakat banyak. Kades diduga, telah menggelapkan Bantuan Beras Miskin (Raskin) sebanyak 806 sak. "Bayangkan saja, selama dua tahun terakhir ini menjabat sebagai Kades Bugis. Banyak sekali Raskin yang diendapkan,"bebernya.

Dari 2012 lalu lanjutnya, Raskin yang didrop oleh Bulog untuk Desa Bugis itu ada 31 sak persatu kalinya. Pertahunnya, ada 13 kali Raskin yang di drop. "Kalau dikalkulasikan 13 kali droping dengan jumlah Raskin sebanyak 31 sak, maka akan menjadi 806 sak," sebutnya.

Tidak saja melaporkan soal penggelapan Raskin, Hamdan juga melaporkan Kades atas Pemalsuan stempel BPD yang disalah gunakan saat pertemuan di Kantor Desa. Padahal, dirinya tidak pernah ikut dalam pertemuan itu, dan tidak menyerahkan stempel pada siapapun termasuk kepada wakil BPD."Stempel BPD itu, digunakan oknum Kades untuk mengelabui masyarakat agar bisa seenaknya mengambil Raskin,"ungkapnya.

Laporan yang dilakukannya itu, telah diterima penyidik tipikor Reskrim Polres Bima Kota, dan sejak bulan nopember lalu. Namun sayang, laporan itu dianggap tidak memenuhi unsur tindak pidana penggelapan dan pemalsuan oleh Polisi."Entah apa sebabnya, sehingga Polisi menganggap laporan saya itu tidak memenuhi unsur,"tuturnya.

Padahal, bukti-bukti seperti foto dan hasil stempel yang telah dipalsukan oleh oknum Kades itu, telah ia serahkan ke Penyidik."Termasuk, sejumlah saksi yang mendengar langsung pengakuan kades dan Sekretaris Desa Bugis di hadapan forum pertemuan yang diadakan pada (27/11) dikantor Desa, bahwa mereka telah mengambil sisa Raskin yang di droping ke warga penerima hak,"jelasnya.

Bahkan, saat dimintai klarifikasi oleh BPD serta masyarakat di Kantor Desa saat itu, Kades sendiri mengaku telah mengambil sisa raskin sebanyak 31 sak dari 477 sak yang di drop ke setiap tahun."Sisa 31 Sak dari 15 rukun tetangga (RT) di desa setempat, diduga telah diambil oleh oknum Kades setempat,"katanya.

Ia berharap kepada pihak Kepolisian Polres Bima Kota, agar memproses kasus ini sesuai dengan aturan hukum yang berlaku."Jujur, hingga saat ini saya selaku pelapor belum pernah dipanggil untuk diperiksa. Kecuali saat pengambilan BAP,"harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bugis, Amirullah Samsu yang dikonfirmasi melalui telepon seluler, Sabtu (6/12) membantah semua tudingan Hamdan kepadanya. Ia mengaku tidak pernah menggelapkan raskin dan selalu membagikan kepada masyarakat sesuai peruntukkannya. “Saya tidak pernah melakukan seperti yang dituduhkan. Saya juga telah melaporkan Ketua BPD itu ke Polisi atas kasus pencemaran nama baik saya,” ujarnya. (KS-05)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1630,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,753,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1277,Sosial Ekonomi,2606,
ltr
item
Koran Stabilitas: Kepala Desa Bugis Dilapor ke Polisi
Kepala Desa Bugis Dilapor ke Polisi
Praktek kasus dugaan korupsi dari tingkat Pusat hingga tingkat Pedesaan, marak terjadi. Diduga selama dua tahun gelapkan Beras Raskin, Kepala Desa Bugis Kecamatan Sape
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/kepala-desa-bugis-dilapor-ke-polisi.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2014/12/kepala-desa-bugis-dilapor-ke-polisi.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy