$type=carousel$sn=0$cols=4$va=0$count=5$show=home

Warga Tolak Event Tambora Menyapa Dunia

Sebab, pelaksanaan event skala dunia itu bakal mendapat penolakan dari warga Tambora Bima dan Dompu di sekitar lereng gunung tersebut.

Sepertinya, event Tambora Menyapa Dunia yang akan digelar Bulan April 2015 mendatang tidak akan berjalan mulus. Sebab, pelaksanaan event skala dunia itu bakal mendapat penolakan dari warga Tambora Bima dan Dompu di sekitar lereng gunung tersebut. Lantas apa pemicu dibalik penolakan acara yang diprediksi bakal meriah tersebut?

Ilustrasi Peta Gunung Tambora
Rencana penolakan terhadap event yang mengharumkan nama daerah Bima tersebut bukan semata-mata wacana belaka. Namun, benar-benar akan dibuktikan melalui tindakan nyata. Alasanya, tidak memberikan konstribusi bagi masyarakat disekitar Tambora. Karena, masyarakat hanya akan menjadi penonton event bergengsi dimaksud. ”Kalau tidak memberikan konstribusi buat masyarakat setempat, lebih baik event itu tidak dilaksanakan. Massa, warga kami hanya sebagai penonton,” kata salah seorang warga Tambora, Ikbal S.Pd, M.Pd kepada Koran Stabilitas.

Alasan lain lanjutnya, berkembang informasi tidak ada masyarakat setempat yang dilibatkan dalam unsure panitia event tersebut. Padahal, melibatkan masyarakat dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pemanfaatan sekaligus pemberdayaan terhadap masyarakat setempat sebagai tuan rumah event tersebut.”Secara tidak langsung, keberadaan mereka bertindak sebagai tuan rumah. Jadi, sedikit tidaknya mereka (masyarakat) dihargai. Caranya, yakni dengan mengikut sertakan mereka dalam kegiatan itu,” ujar Ikbal yang juga pernah bergabung dalam komunitas Ikatan Bajingan Alim (IBA) tersebut.

Meskipun, event itu level dunia, tetapi akan bernilai seromonial ketika tidak bermanfaat dan menguntungkan bagi masyarakat. Karena acara itu tidak hanya semata-mata bertujuan memperingati dua abad gunung tambora, melainkan juga harus bernilai lebih buat masyarakat yang sudah lama menempati wilayah tersebut.”Kalau bukan pada saat moment tersebut, kapan lagi masyarakat setempat dimanfaatkan,” tuturnya.

Sehingga sebutnya, sangat wajar dan bukan sesuatu yang berlebihan, jika masyarakat menolak rencana pelaksanaan kegiatan dalam kaitan itu. Bahkan, saat ini sejumlah element masyarakat sudah mulai merancang agenda penolakan terhadap kegiatan tersebut, jika Pemerintah mulai dari Pusat, Provinsi hingga Daerah tidak merespon baik permintaan masyarakat.

”Mereka hanya minta dilibatkan, agar event itu bermanfaat bagi masyarakat setempat. Jika tidak, jangan salahkan mereka ketika terjadi aksi besar-besaran sebagai bentuk penolakan terhadap event tersebut,” tegas Ikbal yang juga dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Bima tersebut. (KS-09)

COMMENTS

BLOGGER




Nama

Featured,1631,Hukum Kriminal,2144,Kesehatan,387,Korupsi,754,Olahraga,236,Opini,134,Pemerintahan,1561,Pendidikan,832,Politik,1277,Sosial Ekonomi,2606,
ltr
item
Koran Stabilitas: Warga Tolak Event Tambora Menyapa Dunia
Warga Tolak Event Tambora Menyapa Dunia
Sebab, pelaksanaan event skala dunia itu bakal mendapat penolakan dari warga Tambora Bima dan Dompu di sekitar lereng gunung tersebut.
http://4.bp.blogspot.com/-863EAwrFCw0/VMw0Z80GDhI/AAAAAAAAA1o/p8XTt6buUoU/s1600/Gunung%2BTambora.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-863EAwrFCw0/VMw0Z80GDhI/AAAAAAAAA1o/p8XTt6buUoU/s72-c/Gunung%2BTambora.jpg
Koran Stabilitas
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/warga-tolak-event-tambora-menyapa-dunia.html
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/
https://www.koranstabilitas.com/2015/02/warga-tolak-event-tambora-menyapa-dunia.html
true
8582696224840651461
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy